Penyebab Lensa Kamera HP Buram dan Cara mengatasinya

Penyebab kamera HP buram yang berakibat tangkapan kamera kurang maksimal. Saat menemukan momen yang menyenangkan dan perlu diabadikan seperti bertemu teman lama, travelling dan lainnya, tentunya kadang sobat ingin mengabadikan momen dengan kamera ponsel yang relatif simple daripada membawa kamera DSLR atau sejenisnya. Sangat menyebalkan sekali bukan jika mefoto dengan kamera hp malah hasilya kurang memuaskan. Jika seperti itu sobat harus mengecek kamera HPnya.

Mungkin sobat ceroboh atau tidak memperhatikan tempat HP sehingga berimbas ke kamera menjadi buram dan menghasilkan photo yang kurang maksimal atau tidak sesuai keinginan. Berikut ada beberapa Penyebab Kamera pada HP yang mungkin dialami oleh sobat sendiri.

Kaca Lensa kamera Tergores

Kasus yang paling sering dialami oleh orang yang mempunyai Hp adalah kaca lensa kamera tergores. Kebanyakan orang kurang berhati-hati dalam meletakkan ponsel dan akhirnyapun tutup lensanya tergores di permukaaan yang kasar. Permukaan kasar dapat menimbulkan goresan pada tutup lensa kamera HP sobat an membuat masalah pada hasil jepretan kamera yang kurang maksimal.

Cara memperbaiki kasus ini adalah menggunakan silicon atau pelindung HP. Namun, jika tutup lensa kamera sudah tergores, dapat diperbaiki dengan mengoleskan minyak kayu putih didepan tutup lensa, kemudian gosok secara perlahan. Cara ini dapat menghilangkan goresan yang berukuran halus pada permukaan luar lensa HP sobat.

Sobat juga dapat menggunakan pasta gigi putih biasa yang bukan gel untuk membersihkan goresan halus dan lihat hasilnya. Apabila masih buram dan tidak berhasil, sobat perlu mengganti penutup kamera. Untuk dapat mengganti tutup lensa kamera ini dapat di didapatkan di toko official atau resmi yang biasanya partnya lengkap.

Debu yang Menempel pada Tutup Lensa

Penyebab lensa kamera handphone buram lainnya yaitu adanya debu atau kotoran yang menempel pada tutup lensa bagian luar. Kasusnya hampir sama dengan yang sebelumnya dibahas diatas tadi, penyebabnya dikarenakan ponsel diletakkan sembarangan di tempat yang tidak semestinya yang menyebabkan debu menempel pada lensa dan berakibat hasil jepretan kurang maksimal.

Anda dapat memperbaikinya dengan cairan pembersih lensa dengan membuka casing sehingga terlihat lensa dalam. Kemudian semprotkan cairan pembersih tadi di lensa dan gunakanlah tissue, lalu gosok secara perlahan maka debu akan dapat diatasi dan dihilangkan.

Lensa Kamera yang Mengembun

Penyebab lensa kamera yang mengembun tentunya tidak lepas dari meletakkan smartphone pada tempat yang lembab. Masalah lebih parah lagi jika lensa ditumbuhi oleh jamur. Dan kedua itu tentunya juga menyebakan HP sobat menjadi buram. Jika sudah begitu, maka hasil jepretan yang dihasilkan tidak maksimal dan ngeblur. Untuk mengatasi lensa yang berembun, segera matikan HP sobat dan lepas batereinya.

Kemudian sobat dapat mengeringkan ponselnya menggunakan hair dryer pada lubang disisi kanan dan kiri ponsel agar suhunya stabil dan tidak mengembun lagi. Anda juga dapat melepas tutup lensa sobat dan mengelapnya menggunakan kain halus dan oleskan minyak kayu putih jika lensa sudah ditumbuhi oleh jamur.

Lebih baik sobat menjaga ponselnya dengan memberi casing yang cukup aman dan menutupinya dari debu dan tergores. Sobat juga perlu memperhatikan saat meletakkan ponselnya agar tidak terjadi hal-hal yang menyebabkan masalah pada ponsel milik sobat. Berbagai penyebab kamera ponsel buram yang telah dibahas diatas adalah penyebab yang umumnya sering terjadi di kalangan orang yang mempunyai smartphone.

Tentu kadang kala berbagai penyebab yang dialaminya dari kecil hingga yang susah diatasi, sobat harus membawanya ke tempat servis yang lebih paham dan akan diberikan penanganan yang tepat agar tidak terjadi masalah berlanjut. Karena itu,, jagalah ponsel milik sobat agar tidak terjadi kendala atau masalah yang mengakibatkan kerusakan pada bagian ponsel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel