Blogger vs WordPress vs Weebly: cara menentukan platform yang tepat untuk blogger pemula

cara ngeblog buat pemula- Ketika sobat ingin meluncurkan blog baru, keputusan pertama yang akan dihadapi adalah layanan yang akan  digunakan nantinya untuk host dan sebagai platform blog  baru sobat?

Cara optimasi blog untuk menghasilkan uang


Melakukan sedikit riset, dan sobat mungkin akan memiliki pilihanyang pas untuk sobat tentang layanan blogging seperti: Blogger, WordPress, dan Weebly. Tapi apa perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org? Mengapa sobat memilih Blogger dibandigkan Weebly? Weebly juga adalah layanan blogging bukan?

Rifyuda.id akan membahas itu secara jelas untuk sobat jadi harap dibaca dan disimak dengan baik ya, jangan ngalamun hehe.

Blogger

Hasil gambar untuk blogger

Diluncurkan pada tahun 2003 dan diakuisisi oleh Google Inc. Blogger adalah salah satu platform tertua dan paling populer dari banyak kalangan. Pengguna sangat menghargai kemudahan menggunakan platform ini yang serbaguna desain sangat mudah, dan banyak fitur kustomisasi untuk membuat blog yang sesuai dengan gaya pribadi sobat.

Kelebihan blogger:

Tentunya gratis dan tidak perlu sewa hosting dan macam-macam. Dan tidak ada batasan pada ruang disk, bandwidth, atau lalu lintas harian. Blog sobat akan hidup di server Google, dan itu berarti sobat dapat dengan aman menyimpan foto, video, dan media lainnya tanpa adanya batasan. 

Tidak ada keterampilan teknis yang diperlukan! Ada banyak kemudahab menggunakan template, membuat mudah untuk membangun sebuah blog dengan style sobat sendiri. Adanya platform built-in analytics dapat membantu sobat untuk mengetahui audiens blog sobat. Blogger atau yang dikenal dengan Blogspot mendukung iklan Google AdSense, sehingga sobat bisa mendapatkan penghasilan dari iklan bertarget.

Kelemahan dari Blogger:

Ini adalah hanya platform blogging gratis, yang berarti sobat tidak dapat menginstal Blogger pada server web sobat sendiri. Alat blogging juga terbatas, sehingga fitur blogsobat akan selalu terbatas. Dibandingkan dengan WordPress, beberapa template gratis berkualitas tinggi juga tersedia.

Akses sobat juga terbatas kepada struktur URL Blogger yaitu blogspot, kecuali jika sobat  memiliki pengetahuan teknis untuk menggunakan pengaturan DNS untuk mengatur nama domain sobat sendiri dengan adanya biaya tambahan atas subdomain Blogger. Namun,sobat tidak akan memiliki kebebasan yang sama blog dengan blog host WordPress.org .

Putusan memilih Blogger

Blogger mudah untuk setup dan menggunakanya, sehingga sangat bagus untuk blogger pemula. Jika mungkin saat sobat sudah menjadi seorang pro-Blogger akan memilih ke blog host seperti Wordpress.

Wordpress.com

Hasil gambar untuk wordpress

WordPress.com adalah layanan blog gratis untuk para penulis blog maupun portal web pribadi, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Matt Mullenweg, salah seorang pendiri dari WordPress.org hosting. Hal ini pada dasarnya gratis atau berbiaya rendah versi host dari WordPress.org (Lihat di bawah), dengan memiliki keterbatasan fitur yang ditawarkan.

Tujuan untuk perbandingan ini, kita akan membahas hanya versi gratis dari WordPress.com. (Versi premium tersedia untuk $5-$30 per bulan, pada Januari 2019.)

Kelebihan dari WordPress.com:

Tentunya ini gratis. Sangat mudah untuk belajar, mudah digunakan dan mudah untuk mengelolanya, bahkan jika sobat tidak pernah punya blog sebelumnya sekalipun akan tetap mudah mengelola. Mudah integrasi SEO, media sosial integrasi, dan lain nilai yang nantinya bisa ditambahkan. Statistik WordPress yang mudah juga tersedia untuk lebih memahami audiens pengunjung blog sobat.
Sobat dapat upgrade ke premium account, kapan saja. Misalnya, membuat server dan hosting sendiri untuk menambah ruang penyimpanan, menghilangkan logo dan iklan Wordpress.com, dan mendapatkan nama domain kustom sobat sendiri. Sobat dengan mudah dapat migrasi ke WordPress.org, saat blog sudah menghasilkan dan berkembang pesat.

Kontra dari WordPress.com:

Anda terkunci ke subdomain WordPress contohnya (namanda.wordpress.com). Di tingkat gratis,hanya tersedia 3 GB ruang penyimpanan saja yang sangat membatasi (terutama bila dibandingkan dengan penyimpanan terbatas Blogger).

Hanya ada beberapa template gartis bawaan yang tersedia ini juga sangat terbatas, jika dibandingkan dengan lainnya. Untuk mengakses template premium, sobat harus meng-upgrade ke tingkatan lebih tinggi yaitu premium hosting Wordpress.

Pilihan, seperti plugin dan ruang penyimpanan yang sangat terbatas untuk memperpanjang dan memperluas situs sobat juga menjadi sebuah kendala untuk memaksimalkan pertumbuhan blog sobat juga. Kendala lainnya sobat tidak dapat memasukkan iklan seperti Google Adsense. (Meskipun WordPress.com akan menjalankan iklan mereka sendiri pada akun Anda.)

Putusan memilih WordPress.com
Jika sobat seorang blogger pemula atau baru mulai dunia blog, WordPress.com dapat merupakan langkah pertama menuju masa depan kesuksesan hobi blogging sobat. Banyak yang mengatakan, jika sobat menjalankan blogging dengan serius dan konsisten, sobat mungkin tidak ingin tinggal lama di tingkat gratis WordPress.com.

Wordpress.org

Hasil gambar untuk wordpress

Di dunia perangkat lunak blog yang paling populer, serta salah satu proyek open source yang paling pernah sangat sukses yaitu, WordPress.org, yang kita hanya akan panggil dengan sebutan WordPress adalah sebuah platform blogging perangkat lunak yang  di instal, dengan server hosting sendiri dan nama domain sendiri.

Kelebihan dari WordPress.org:

Ada yang gratis dan berbayar. Sobat memiliki kontrol atas segala sesuatu di personal blog sobat sendiri tanpa adanya batasan atau yang lebih dikenal Blog Self-Hosted WordPress yang memungkinkan sobat untuk mengatur dan mengendalikan setiap aspek dari blog atau website sobat sendiri.

Dan sobat dapat menggunakan WordPress untuk membangun blog dan website. Pilihannya hampir sebagai besar sebagai imajinasi untuk mengembangkan personal blog yang bagus dan baik.Ada ribuan template yang tersedia, gratis dan premium. Banyak web desainer juga yang membangun kustomisasi situs di WordPress.

Anda akan memiliki akses ke 50.000 + WordPress Plugin, banyak yang gratis juga kok sobat, yang menambahkan fitur yang hampir tak terbatas untuk blog sobat sendiri. WordPress adalah platform yang sangat SEO friendly, terutama bila digunakan dalam hubungannya dengan SEO plugin.

Kontra dari WordPress.org:

Sobat harus membeli nama domain ($10 + per tahun) dan situs hosting ($6 + per bulan) untuk memiliki hosting blog sobat. Sobat nantinya juga akan memiliki Self hosting atau hosting pribadi, untuk menginstal beberapa nama domain sendiri dan kustomisasi blog atau website sesuai keinginan sobat sendiri. Sobat juga akan bertanggung jawab untuk backup keamanan dan blog yang situs blog sobat sendiri, tenang saja sobbat juga akan mendapatkan SSL Comodo untuk memperketat pengamanan blog sobat. 

Putusan memilih WordPress.org

Jika sobat sudah bersedia untuk mengambil tanggung jawab untuk memiliki hosting Wordpress sendiri, maka ini adalah pilihan tepat untuk mengembangkan blog sobat serta optimisasi yang baik untuk blog sobat. Walaupun memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, makanya saya sarankan yang sudah memiliki penghasilan dari blog saja.

Weebly
Hasil gambar untuk Weebly

Dengan pilihan lain pada daftar kami, Weebly adalah situs gratis web builder yang dirancang untuk website berjenis drag and drop. Meskipun Anda dapat menggunakan Weebly untuk membangun dan mempertahankan blog sobat, namun sobat harus tahu bahwa itu bukan layaknya pesaing Blogger atau WordPress yang banyak digunakan untuk personal web atau blog akan tetapi biasanya website toko onlline.

Untuk tujuan perbandingan ini, kita akan membahas hanya versi gratis dari Weebly. (Versi premium tersedia untuk $10-$30 per bulan, pada Januari 2019.)

Kelebihan dari Weebly:

Tersedia juga versi gratis untuk dicoba. (Dan versi gratis adalah cara yang bagus untuk mencoba Weebly sebelum melakukan upgrade ke versi premium.). Pendaftaran juga sangat mudah, dengan hanya alamat email atau Facebook dan juga akun Google.

Bahkan pada tingkat gratis, ada banyak tema dari untuk dipilih. Karena Weebly adalah situs host atau personal, cara settingnya pun sangat cepat dan mudah. Pihak ketiga juga menyediakan integrasi untukmemperluas fungsi dan fleksibilitas dari website sobat, yang membuatnya mudah untuk menginstal sebuah toko online, website, dan fitur lainnya.
Built-in SEO terintegrasi langsung ke situs Weebly, sehingga sobat dapat meningkatkan posisi situs website sobat diperingkat mesin pencari.

Kekurangan dari Weebly:

Weebly bukanlah blogging platform, tetapi sebuah platform website builder. Di tingkat gratis, sobat menerima sedikit ruang penyimpanan sekitar 500 MB penyimpanan. Di versi gratis tingkat penyimpanan memang sangat terbatas yang akan menyebabkan kurang maksmilanya website sobat..

Website tidak dapat memasukkan iklan seperti Google Adsense jadi Weebly tidak cocok untuk seorang publisher akan tetapi cocok untuk seorang yang mempunyai usaha atau bidang jasa. (Meskipun Weebly akan menjalankan iklan mereka sendiri pada akun Anda.)
Jika sobat ingin meng-upgrade situs website di masa depan, sobat akan menemukan kesulitan memindahkannya tidak seperti platform lain yang mudah dan efisien.

Putusan memilih Weebly

Hanya karena sobat dapat menggunakan secara gratis, tidak berarti sobat harus upgrade ke versi premium. Sementara Weebly membangun besar situs web dan situs e-commerce, hal ini mungkin cocok untuk digunakan sebagai toko online bukan untuk personal blog. Banyak yang mengatakan, jika blog yang dibuat adalah lebih untuk melengkapi sebuah toko e-commerce, daripada sebuah peronal blog, maka Weebly dapat menjadi solusi yang bagus.

Demikian adalah perbandingan Blogger vs WordPress vs Weebly. Yang perlu sobat ketahui adalah rencana serta keputusan yang baik dalam memilih platform yang cocok. Meskipun memungkinkan untuk bermigrasi blog sobat dari satu layanan ke layanan yang lain, hal ini tidak selalu mudah seperti yang sobat katakan. Makanya memilih platform terbaik untuk sobat dari awal akan menghemat waktu serta usaha untuk masa depan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel