Cara mengobati perut kembung secara alami

perut kembung

Perut kembung biasanya terjadi akibat saluran pencernaan terisi oleh gas yang terlalu banyak. Kondisi ini akan menimbulkan seperti rasa nyeri di perut, mual dan perut terasa seperti membesar. Akibat yang ditimbulkan oleh rasa kembung maka yang terjadi adalah kondisi tidak nyaman.

Perut kembung pada umumnya ditimbulkan oleh berbagai faktor yang kadang tidak disengaja maupun disengaja sobat, antara lain seperti makan makanan terlalu pedas, minum minuman yang mengandung karbonasi terlalu banyak, kebanyakan mengunyah permen karet.

Inilah penyebab perut kembung


  • Masuk angin sebenarnya tidak ada istilahnya di dunia medis, namun banyak orang yang percaya bahwa penyebab perut kembung adalah masuk angin. Masuk angin yaitu kondisi dimana perut terasa banyak angin yang menyebabkan sering bersendawa atau mengeluarkan gas. Biasanya masuk angin terjadi ketika sobat keluar malam dalam kondisi dingin dan menyebabkan angin masuk kedalam tubuh sobat.
  • Maag dalam dunia medis disebut dengan dispepsia atau indegestion. Kondisi yang dirasakan penderita saat terkena maag adalah rasa nyeri dan perih secara terus-menerus atau secara berulang-ulang. Beberapa kasus maag akan menyebabkan mual,muntah dan perut kembung. Adapun gejala lainnya yaitu merasa kenyang padahal belum makan.
Perut kembung biasanya akan mereda sendiri, akan tetapi biasanya yang dirasakan oleh penderita kebanyakan adalah rasa mual yang berakibat tidak nyaman. Perut kembung biasa tidak akan berbahaya kok sobat, namun beda lagi jika perut kembung disertai dengan gejala seperti perut sakit yang tidak kunjung sembuh, tinja disertai darah, muntah, demam tinggi dan penurunan berat badan yanng signifikan. Segera periksakan ke dokter agar penyakit sobat seperti gejala diatas agar cepat tertangani dengan baik.

Cara mengobati perut kembung

Berikut adalah tips cara mengatasi perut kembung secara alami dan mudah yang dapat sobat lakukan sendiri di rumah :

  • Dianjurkan memakan makanan yang tidak terlalu padat dan mengunyah sampai benar-benar hancur serta tidak terlalu cepat menelannya.
  • Hindari terlalu sering mengunyah permen karet dan minum memakai sedotan.
  • Kurangi minum minuman yang mengandung karbon seperti sprite, coca-cola dsb.
  • Hindari makanan yang terlalu pedas atau yang banyak mengandung gas seperti kacang-kacangan dan kubis.
  • Pilihlah susu yang tidak mengandung laktosa, jika pencernaan sobat tidak terlalu baik mencerna laktosa.
  • Berhenti merokok sangat dianjurkan.
  • Minum minuman herbal seperti jahe hangat atau mengunyah pappermint.
  • Makan buah yang mengandung enzim bromelain untuk mengatasi mual dan perut kembung seperti nanas.
Demikian cara mengobati perut kembung secara alami dan lengkap dengan penyebabnya. Selalu jaga kesehatan pencernaan ya sobat, hindari makanan atau minuman yang tidak disarankan diatas. Semoga bermanfaat, mari budayakan hidup sehat!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel